Cacar monyet penyakit global sejak 1970!

Cacar monyet penyakit global sejak 1970!

cacar monyet

Monkeypox atau cacar monyet merupakan penyakit yang harus diwaspadai pada pertengahan tahun 2022. Namun, tahukah Anda tanda-tanda seseorang terkena cacar? Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), cacar telah menyebar ke lebih dari 70 negara. Pada Sabtu (23 Juli 2022), Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bahkan menyatakan wabah cacar monyet sebagai darurat kesehatan global.

Kesehatan global WHO untuk menunjukkan perlunya tanggapan internasional terhadap wabah cacar untuk membebaskan pendanaan. Ini untuk mencari pengobatan dan berbagi vaksin cacar monyet. Monkeypox adalah penyakit langka yang disebabkan oleh infeksi virus monkeypox.

PhD. PhD. Menurut Prasetyadi Mawardi, SpKK(K), FINSDV, FAADV, virus monkeypox bersifat zoonosis, artinya dapat ditularkan dari hewan ke manusia. “Cacar sebenarnya adalah penyakit menular zoonosis yang disebabkan oleh virus cacar.

Menurut klasifikasinya, virus ini termasuk dalam famili Poxviridae, penyebab penyakit cacar,” kata Dr Prasetyadi. Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Serbia Maret itu juga menjelaskan bahwa cacar monyet biasanya ditemukan di benua Afrika.

Namun, mobilitas tinggi, serta kemajuan teknologi, menyebabkan penyebaran virus. Tanda atau gejala penyakit ini mirip dengan cacar air dan meliputi:

demam
kelelahan
Sakit kepala
Sakit otot
ruam
Bintik-bintik berisi cairan dengan nyeri punggung Tanda-tanda cacar monyet biasanya muncul satu sampai dua minggu setelah pasien terpapar virus penyebab cacar.

Orang dengan cacar monyet dapat merasakan tanda-tanda ini selama sekitar dua minggu hingga satu bulan.

Apa yang harus dilakukan setelah terinfeksi monkeypox Orang yang merasakan tanda-tanda infeksi monkeypox harus segera pergi ke layanan kesehatan untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Juga, seperti dikutip oleh WebMD, Anda perlu memantau gejala Anda dalam waktu 3 minggu setelah terpapar dengan: Memeriksa suhu Anda secara teratur Jika Anda merasa kedinginan dan mengalami pembengkakan di area kelenjar getah bening, isolasi diri di rumah selama 24 jam.

Juga disarankan agar orang yang mulai mengembangkan ruam pada kulit menggunakan isoman dan menghindari kontak fisik dengan orang lain untuk mencegah penularan. Jika Anda mengalami demam dan ruam, Anda harus berkonsultasi dengan dokter dan segera mendapatkan perawatan.

Orang dengan pembengkakan kelenjar getah bening yang tidak kunjung sembuh juga harus dibawa ke rumah sakit. Hindari kontak dengan orang lain, termasuk donor darah/organ/jaringan, menyusui, hubungan seksual.