Steam di block Kominfo, gimana nasib Gamer dan Streamer?

Steam di block Kominfo, gimana nasib Gamer dan Streamer?

Steam

Kementerian Komunikasi dan Informatika mengatakan akan memblokir beberapa penyedia layanan platform yang menerima surat peringatan tetapi tidak mendaftar hingga batas waktu terakhir, Jumat (29/7/2022) 23:59 Sibu. steam

Platform, atau PSE, adalah penyedia layanan dalam daftar 100 lalu lintas teratas yang diterbitkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika minggu lalu.

Saat itu, Dirjen Aptika Kemkominfo Semuel A.

Pangerapan mengatakan pihaknya akan mengirimkan surat peringatan ke anjungan.

Bersamaan dengan surat peringatan tersebut, Kementerian Komunikasi dan Informatika telah memberikan tenggat waktu lima hari kerja kepada platform untuk merespons. steam

Jika tidak ada balasan dalam waktu lima hari kerja sejak surat dikirimkan, Kementerian Komunikasi dan Informatika akan melakukan blokade.

Untuk itu, Semuel kini menerbitkan daftar layanan yang dapat diblokir jika masih gagal memproses pendaftaran hingga batas yang ditentukan.

“Nah, dari 12 yang ditulis kemarin, kita masih menunggu 10, dua di antaranya sudah terdaftar,” katanya dalam konferensi pers, Jumat (29/7/2022).

 

Jika Anda tidak mendaftar hingga tengah malam ini, berikut adalah daftar lengkap layanan yang mungkin diblokir:

Amazon (e-niaga)
Paypal
mesin pencari yahoo
Mesin pencari Bing
permainan epik
uap
Dota
Counter Strike GO
Ares
Asal (EA)

“Kalau sampai pukul 23.59 WIB, saya mohon maaf sekali lagi kepada masyarakat atas layanan yang tidak bisa diakses dari Indonesia sampai mereka menyelesaikan pendaftarannya,”

kata sapaan akrab Semmy ini.

Selain itu, kata Samuel, penguncian akan dimulai setelah itu, dan prosesnya akan dilakukan oleh mesin daripada manusia. steam

Namun mengingat masih ada waktu hingga tengah malam, batas waktu tersebut dapat berubah.

Ia juga memastikan jika penyedia platform sudah mengajukan dan mendaftar, Kementerian Komunikasi dan Informatika akan menormalkan dan membuatnya tersedia kembali di Indonesia.

Sedangkan untuk dua layanan lainnya, LinkedIn dan Alibaba, yang sebelumnya sudah mendapat surat peringatan, Semuel mengaku sama-sama terdaftar.

Selain kedua platform tersebut, Opera dan Roblox adalah PSE lain yang sebelumnya telah menerima surat peringatan dan terdaftar.

Menurut data terakhir, ada 8.962 PES yang terdaftar, di mana 8.680 di dalam negeri dan 282 di luar negeri.

memperbesar
PSE yang tidak terdaftar berisiko diblokir untuk karya seni Google.

Selain itu, Google telah dipastikan terdaftar di PSE (Kementerian Komunikasi dan Informatika) asing Kementerian Komunikasi dan Informatika. steam

Demikian disampaikan Semuel A.

Pangerapan, Direktur Jenderal Aptika Kemkominfo, saat konferensi pers, Kamis (21/7/2022).

Ia mengatakan, setelah sebelumnya perusahaan mendaftar ke Google Cloud dan Google Ads, Google mendaftarkan empat layanan tambahan di Indonesia.

“Google menambahkan empat lagi setelah cloud dan iklan, sekarang YouTube, mesin pencari, peta dan Google Play Store,” jelas Samuel.

Google sendiri telah bergabung dengan jajaran PSE asing yang bergabung hari ini.

Selain Google, ada Twitter, Snapchat, dan Line yang semuanya memiliki layanan terdaftar di Indonesia.

Namun, sebelum berita ini muncul, daftar layanan Google tidak muncul di laman resmi PSE Kemkominfo.

 

Ini mungkin karena masih diperbarui secara berkala. steam

Diketahui bahwa banyak PSE asing yang terdaftar termasuk aplikasi kencan Tinder, aplikasi obrolan WeChat, Zoom, iCloud, dan HBO Go.

memperbesar
Ilustrasi PUBG: Status Baru Dirilis 11 November 2021

Selain layanan di atas, beberapa game populer Indonesia juga telah terdaftar di website PSE Kemkominfo.

PT Winner Interactive mendaftarkan game Xshot, Auto Chess mendaftarkan Long Entertainment Company Limited, Krafton Inc mendaftarkan PUBG: Battleground dan game New State Mobile.

Sementara itu, Riot Games Services PTE LTD juga telah mendaftarkan League of Legends: Wild Rift, Legends of Runeterra dan Valorant di Kominfo foreign PSE.

Sebelumnya, game-game besutan Garena seperti Arena of Valor (AOV), League of Legends PC, Fairy Tail sudah masuk dalam daftar PSE domestik oleh PT Garena Indonesia.

memperbesar
Semuel Abrijani Pangerapan, Ketua Panitia Kerja RUU PDP Pemerintah dan Direktur Bidang Aplikasi Informasi Kementerian Komunikasi dan Informatika. steam

Di sisi lain, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menyatakan kewajiban registrasi Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) tidak dirancang untuk menguasai platform.

Demikian disampaikan Semuel A.

Pangerapan, Direktur Aplikasi Departemen Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika, saat konferensi pers di kantor Kominfo di Jakarta, Selasa (19 Juli 2022).

“Kalau soal kontrol ini kan beda, ini pendataan banget. Sudah ada aturan untuk mengontrolnya,” kata Samuel.

Semuel mengatakan pendaftaran PSE dilakukan agar pemerintah mengetahui platform digital mana saja yang beroperasi secara digital di Indonesia.

“Saya kira enggak cuma Indonesia, semua negara punya pendekatannya masing-masing, model kita registrasi.

 

Jadi saya kira enggak (kontrol) karena ini benar-benar pendataan.”

Menurut Semuel, jika platform digital tidak mendaftar, mereka sendiri akan gagal karena dianggap “tidak melihat Indonesia sebagai pasar potensial mereka”.

Selain itu, Semuel juga mengatakan jika PSE tidak mendaftar, ada alternatif platform lain dan memberikan kesempatan bagi anak-anak di tanah air untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri.

“Intinya kita tegas. Itu regulasi yang ada, itu governance, bukan control.

Dengan begitu kita tahu siapa yang beroperasi di Indonesia dan apa yang mereka lakukan,” kata Samuel.

Semuel juga menjelaskan pada kesempatan yang sama bahwa masyarakat prihatin dengan adanya tiga pasal dalam Permenkominfo 2020 edisi 5 yang bisa dengan mudah dianggap sebagai “artikel karet”.

“Soal pelanggaran atau penindakan, tidak hanya di Indonesia, semua ada prosesnya seperti itu. Biasanya kita minta data dulu,” kata Kemkominfo. steam